Otomotif

Spek Toyota Raize, SUV Compact yang Diklaim Lega dan Irit BBM

Toyota Motor Corporation resmi mengumumkan menjual SUV Compact terbarunya, Raize. Kendati saat ini baru dijual di pasar domestik Jepang.

Sama seperti Rocky, mobil ini merupakan SUV pertama Daihatsu yang menggunakan platform baru Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Pada tampilan muka memang agak sedikit berbeda dengan Rocky. Grile Raize berbentuk kisi-kisi trapesium yang dipadu dengan Headlamp LED, dan foglamp pada bagian bawah bumper. Fasia belakang juga cukup agresif berkat desain berkat lampu ekor besar.

Masuk ke dalam kabin, pada stir kemudi sudah menggunakan model palang tiga di sekelilingnya juga terdapat tombol pengaturan audio serta layar instrumen digital speedometer TFT 7 inci. Pun demikian Raize, sudah dibekali layar Head Unit model floating atau mengambang.

Secara dimensi, mobil ini memiliki ukuran panjang lebih pendek bila dibandingkan dengan Calya, panjang Raize tidak lebih dari 4 meter. Tepatnya berukuran panjang 3995 mm dan lebar 1695 mm dengan jarak sumbu roda 2.525mm. Nyawa SUV ini terlihat dari penggunaan ukuran roda 17 inci serta fender yang menonjol.

Kendati berukuran compact dan tidak besar, Raize diklaim Toyota sebagai mobil SUV terdepan soal angkut muat barang di kelasnya.

“SUV ringkas ini menawarkan kapasitas bagasi 369 liter, terdepan di kelasnya. Kursi belakang juga dapat dilipat untuk lebih meningkatkan ruang kargo yang tersedia, memungkinkan barang bawaan besar atau panjang untuk dimuat,” tulis Toyota Motor Corporation dalam keterangan resminya, Selasa (5/11/2019).

Tidak cuma itu, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan canggih pencegah kecelakaan. Toyota Raize mendapat paket fitur keselamatan Smart Assist. Di antaranya; Adaptive Cruise Control, Smart Panorama Parking Assist, Collision Warning Function and Crash Avoidance Braking Function, dan Erroneous Start Prevention Function.

Berbekal mesin 1.000 cc, 3 silinder tentu yang ingin dikejar dari SUV perkotaan ini adalah keiritan bensin. Berkenaan dengan efisiensi bahan bakar, model 2WD mencapai 18,6 kilometer per liter sedangkan model 4WD mencapai 17,4 kilometer per liter. Meski irit, Toyota mengklaim powertrain dapat memberikan torsi mesin kelas 1,5 liter.

Di atas kertas, mobil ini memiliki bobot 980 kg. Mesin 1.000 cc, 3 silinder, berpendingin air, dengan turbo intercooler memiliki tenaga hingga 98 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Ditargetkan Raizer yang diproduksi di Shiga (Ryou) Plant, Daihatsu Motor co ini bakal terjual 4.100 unit tiap bulan.

Di Jepang, Raizer dijual dengan harga 1.679.000 yen (Rp 217 jutaan) sampai 2.282.200 yen (Rp 365 jutaan). Terdapat empat pilihan varian, mulai dari X, X”S”, G dan Z.

Varian tersebut bisa dipilih penggerak 2WD atau 4WD, harganya pun juga beda. Contoh untuk 4WD untuk varian X dibanderol ¥ 1.918.000 atau sekitar Rp 248 jutaan. Sementara yang paling mahal, varian Z 4WD dipatok ¥ 2.282.200 atau sekitar Rp 295 jutaan.

Sumber : detik.com